Manfaat Es

Manfaat Es

Perkembangan variasi makanan dan minuman semakin hari semakin meningkat. Salah satu bentuk pengolahannya ialah es. Es sekarang tak hanya menjadi tambahan buat minuman agar terasa dingin saat diminum. Es sudah menjadi bagian kreativitas, salah satunya ialah es bubble .

Makanan dan minuman sekarang bukan sekedar memenuhi kebutuhan dasar manusia saja, tetapi sudah menjadi bagian dari kreativitas dan seni nan menakjubkan.

Banyak sekali kegiatan-kegiatan masakan nan tak berpatok hanya buat melihat ragam budaya saja, tetapi berkembang menjadi kegiatan kreatif pengolahan selanjutnya dari menu pokok.

Pengolahan dari nan sudah ada sejak dahulu dan dilakukan secara turun temurun menjadi sesuatu nan baru. Biasanya tak kalah lezat dan menariknya hasil kreativitas tersebut.



Es Bubble

Es bubble ialah sebentuk kreativitas minuman nan berbahan dasar es. Mari kita lihat bentuk-bentuk pengembangan kreativitas dari bentuk dasar es. Es nan hanya dijadikan sebagai pelengkap minuman, misalnya pada es jeruk, es kelapa muda, es teh lemon, es teh, dan lain-lain.

Es nan dikembangkan dengan ragam lainnya, misalnya es buah, sop buah segar, es campur, goyobod, es krim berbagai rasa, dan lain-lain. Pengemasan bentuk minuman nan berbahan dasar es, seperti es krim, sangat menarik, sehingga banyak anak-anak nan menyukainya. Selain rasanya nan manis dan dingin, es krim ialah pilihan favorit anak-anak.

Ada lagi sebuah bentuk pengembangan kreativitas es nan tak hanya terpatok beku dan dingin, misalnya es serut. Kalau tak salah, es serut sudah ada sejak lama bahkan jauh sebelum es goyobod ditemukan oleh kreatornya. Es serut itu sangat mudah dan disukai banyak anak-anak.

Seingat saya, pada saat sekolah dasar dan belum mengenal es krim dengan berbagai jenis rasa dan rupanya, es serut ialah es minuman segar setelah es sirop nan berwarna-warni.

Merasakan segarnya es sirop dan es serut ini terasa sangat nikmat ketika kita sudah berolahraga. Setelah sepakbola misalnya, lalu memesan minuman dari penjual di pinggir lapangan, segar sekali mengalir di tenggorokan nan kering dan haus.

Saat itu, belum ada es bernama bubble, sehingga es serut ialah pilihan nan menarik. Membuat es serut sangatlah mudah, dari namanya saja sudah dapat ditebak. Es serut ialah es nan diserut berdasarkan bunyi nan keluar saat es balok diproses menjadi es serut. Persis seperti mengiris kentang dengan pisau nan tersimpan di bawahnya.

Es balok nan masih utuh, lalu di dorong maju dan mundur di atas gerobak nan di sebelah pinggirnya terdapat pisau penyerut. Saya membayangkannya seperti serutan buat pensil.

Di bawah serutan disediakan gelas buat menampung hasil serutan tersebut. Setelah cukup banyak serutan nan terkumpul, barulah es serut diberikan kepada pembeli.

Es serut nan sudah siap terlihat menggunung di atas gelas. Gunungan tersebut ialah serutan es. Nah, di puncak gunungan itu agar tampak menarik dan membuat rasa enak, biasanya diberi rona nan disesuaikan dengan rasa nan diinginkan oleh pembeli.

Warna merah nan manis ialah pilihan nan paling banyak dipilih, maklum anak-anak nan sering tergoda oleh sesuatu nan berwarna merah. Ada nan perlu diwaspadai, tetapi bukan buat dihindari, misalnya tentang higienisnya es balok nan digunakan sebagai bahan dasar es serut.

Hal ini aku ketahui setelah mengunjungi salah satu pabrik pembuatan es balok di Kota Bandung . Saat itu aku membawa banyak anak-anak buat mengenali proses pembuatan es balok secara langsung di tempatnya.



Manfaat Es

Jenis-jenis es nan dibuat oleh pabrik ternyata bukan hanya es balok saja, tetapi ada juga nan namanya es cup. Petugas nan mendampingi kita semua memberikan klarifikasi dengan sangat baik dan detail.

Misalnya mengenalkan proses pembuatan es balok dari mulai pembuatan lalu saat proses berlangsung dan proses setelah pembekuan. Kebetulan saat itu sedang ada proses pengangkutan es balok ke truk-truk nan akan menyebarkannya ke beberapa loka pemesan es balok.

Yah, es balok nan sudah selesai di produksi akan disebarkan ke banyak loka buat memenuhi kebutuhan akan es balok. Es balok digunakan buat pengawetan makanan, pengawetan ikan, dan lain-lain.

Pengawetan ikan biasanya dilakukan oleh nelayan-nelayan dipinggir pantai nan melaut ke tengah buat mendapatkan ikan. Agar ikan nan didapat tak cepat membusuk, maka jalan pengawetannya ialah dengan menggunakan es balok ini.

Terbukti, ikan masih segar saat dibawa dari kapal penangkap ikan ke loka pelelangan ikan atau TPI nan ada di pelabuhan-pelabuhan terdekat.

Es balok juga menjadi bagian dari seni, yaitu pembuatan es carving. Es carving ialah seni mengukir es nan sangat menarik. Es-es balok nan besar diukir menjadi bentuk-bentuk unik.

Paling mudah menemukan seni es carving ini ialah di pesta-pesta pernikahan . Sudah banyak penyelenggara pernikahan nan menggunakan es carving ini sebagai bagian ornament gedung pernikahannya.

Es carving nan disimpan di tengah-tengah atau ditempat nan disesuaikan dalam sebuah gedung pernikahan memiliki fungsi selain seni dan kreativitas, tetapi juga menjadi bagian dari penyejuk ruangan di antara panasnya pengunjung nan menghadiri.

Di akui atau tidak, es carving tersebut membantu suasana menjadi terasa dingin apalagi melihat sensasi kepulan uap nan keluar dari es tersebut. Patung es, demikian beberapa orang menyebutnya.

Dalam beberapa negara, banyak sekali kegiatan-kegiatan seni nan melibatkan es carving tersebut. Bahkan ada sebuah hotel nan semua konstruksinya terbuat dari es.

Kita dapat mencoba merasakan tidur di rasa dingin nan ditimbulkan oleh es. Walaupun hanya dilakukan berdasarkan even saja, tetapi kehadiran hotel nan terbuat dari es balok ini sangat mengasyikan.

Es balok ternyata tak baik dikonsumsi, demikian menurut pemaparan petugas di pabrik pembuatan es. Es balok rentan terhadap bakteri-bakteri nan bisa mengganggu kesehatan jika diminum secara langsung. Bakteri itu bernama Escherichia Coli atau nan terkenal dengan sebutan E.Coli.

Bakteri ini menyebabkan keracunan makanan nan akan membuat manusia nan terkena bakteri ini akan mengalami gejala diare bahkan dapat menyebabkan diare berdarah nan sangat parah.

Sementara itu, es nan baik buat dikonsumsi ialah es cup. Pembuatan es cup lebih steril, bersih, dan higienis. Jadi, buat membuat minuman es, sebaiknya menggunakan es cup ini. Beberapa penjual minuman sudah lama menggunakan es cup buat menambahkan rasa segar di air minumnya.

Demikian juga dengan es bubble sebab pentingnya kesehatan, maka pemilihan es cup ini sudah menjadi bagian tidak terpisahkan dalam setiap penyajiannya agar segar saat diminum.

Jadi, jangan risi buat mengonsumsi es ini sebab terjaga kesehatannya. Untuk anak-anak, es ini sangatlah kondusif dibandingkan zaman dahulu saat es balok begitu banyak digunakan sebagai tambahan penyegar minuman . Semoga uraian tersebut bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang pembuatan es, terutama es bubble.

advertisements

Tips Sehat

advertisements