Convert Word to PDF Menggunakan MS Office 2007

Convert Word to PDF Menggunakan MS Office 2007

Convert word to PDF mungkin Anda sudah sangat familiar menggunakan Microsoft Office. Apalagi bagi Anda nan sehari-hari berinteraksi dengan komputer, neetbook, laptop, dan sejenisnya. Salah satu program MS Office nan populer ialah MS word. Hampir semua pengguna komputer pernah menjalankan program ini.

Bagaimana membuka program, menjalankan hingga menyimpan arsip bukan pekerjaan sulit. Namun, tak banyak nan mengetahui bahwa arsip dokumen tak selalu harus disimpan dalam format doc, rtf, atau txt. Akan tetapi, kita juga dapat menyimpannya dalam format lain. Nah, sudahkah Anda mengenal migrasi arsip seperti word to PDF, word to JPG, word to PNG, word to web page, dan berbagai format nan lain?

Untuk menambah wawasan Anda tentang berbagai fasilitas dan pelaksanaan di Personal Computer nan setiap hari Anda gunakan, ada baiknya memahami juga tentang teknik convert dokumen dari word to PDF ini.

PDF sebenarnya bukanlah format dokumen nan baru. Format ini sudah sejak lama dikenal dan dipopulerkan oleh Adobe Systems. Oleh sebab itu, buat mengenal PDF, cara kerja, kegunaan dan keunggulannya, ada baiknya Anda menyimak tulisan ini hingga selesai.



Mengenal PDF

Sebelum membahasa word to PDF lebih lanjut, ada baiknya kita mengenal PDF. Apa sebenarnya nan dimaksud dengan PDF? PDF ialah singkatan dari Portable Document Format , yaitu salah satu format berkas atau dokumen nan dikenal dan digunakan dalam perangkat sharing file digital di perangkat PC online atau pun offline .

PDF pertama kali dikenalkan oleh Adobe Systems pada 1993 nan dimanfaatkan buat keperluan pertukaran dokumen digital. Pengembangan PDF ini pada awalnya bertujuan agar tampilan sebuah dokumen bisa terbaca dan dicetak pada berbagai sistem operasi PC.

Tampilan PDF selalu konsisten atau sama dalam berbagai operasi komputer. Berbeda dengan jenis arsip lain nan terkadang tak terbaca pada sistem operasi nan berbada dan cenderung mengalami perubahan lay out.



Mengapa Format PDF Lebih Populer?

Format PDF (*pdf) semakin populer digunakan saat ini. Pada umumnya, PDF banyak digunakan buat pertukaran arsip di internet. Selain itu, format PDF juga menjadi baku generik berbagai dokumen buat keperluan kuliah, pekerjaan kantor hingga keperluan sharing file ke dokumen lain.

Bahkan, semenjak dipopulerkannya format dokumen ini oleh Adobe Systems pada 1993 hingga sekarang, data dari google.com mengabarkan bahwa telah beredar sebanyak 450 juta lebih dokumen nan menggunakan format PDF di internet.

Jumlah ini mengalahkan jumlah arsip dalam format doc nan sudah lebih dahulu populer digunakan. Format doc sudah dikenal semenjak awal 1980. Namun, peredaran arsip doc di internet hanya mencapai angka 75 juta.

Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa alasan mengapa format PDF lebih generik digunakan pada berbagai dokumen seperti portofolio, invoice, gambar CAD dan berbagai form sah lainnya. Alasan tersebut di antaranya:

  1. Format arsip PDF ukurannya lebih kecil dan padat serta sangat mudah digunakan. Format dan lay out konsisten baik ketika dibuka di PC Windows, Mac, atau Linux.

  2. Berbeda dengan word dan jenis dokumen lainnya, format PDF tak mudah dimodifikasi. Jadi, format ini bermanfaat buat melindungi arsip dari plagiasi, terutama ketika dipublikasikan di internet.

  3. Keunggulan terpenting ialah format PDF dapat dibaca hampir di semua komputer atau pun ponsel dengan menggunakan web browser. Selain itu, format PDF juga dapat dibaca dengan menggunakan software perdeo seperti Adobe Acrobat Reader.


Convert Word to PDF Menggunakan MS Office 2007

Pertanyaannya kemudian ialah bagaimana mengubah arsip word to PDF? Saat ini di internet sudah banyak ditemukan software buat keperluan migrasi arsip word ke PDF. Bahkan tak sedikit diantaranya nan dapat diunduh secara free alias gratis.

Apabila PC anda menggunakan Office 2007 sebenarnya hal ini akan menjadi lebih mudah. Mengapa? Karena biasanya MS Office 2007 sudah dilengkapi dengan software convert arsip word to PDF. Jadi, proses convert dari word ke PDF menjadi lebih mudah. Pada saat save as pilih format dokumen jenis PDF kemudian klik save. Maka arsip word akan tersimpan secara otomatis dalam format PDF.



Convert Word to PDF menggunakan Software

Namun, jika PC Anda belum menggunakan Office 2007, proses pemindahan format dokumen tersebut tak bisa dilakukan semudah itu. Namun, Anda tetap dapat melakukan convert file dari word ke PDF dengan menggunakan berbagai software nan banyak tersedia di internet. Ada beberapa software atau pelaksanaan nan dapat digunakan buat mengubah arsip word ke PDF, di antaranya PrimoPDF dan doPDF.

Di mana mendapatkan pelaksanaan PrimoPDF? Sangat gampang, Anda cukup mencari link official website nan menyediakan software pelaksanaan tersebut. Ketik kata kunci PrimoPDF di mesin pencari Google atau Yahoo buat menemukan link official website PrimoPDF dengan mudah. Kemudian, silakan download pelaksanaan software pelaksanaan PrimoPDF, buat diinstal ke PC Anda. Ikuti langkah-langkah nan ada pada sofware tersebut.

Jika software PrimoPDF sudah sukses diinstal, Anda sudah dapat melakukaan convert arsip word to PDF . Buka pelaksanaan PrimoPDF, kemudian pilih arsip word nan akan diconvert ke PDF. Selanjutnya, klik pilihan convert PDF, maka arsip word nan terpilih secara otomatis akan berubah ke format PDF. Gampang sekali bukan?

Selain PrimoPDF, pelaksanaan lain nan direkomendasikan buat merubah arsip word ke PDF ialah pelaksanaan doPDF. Software ini juga bisa diunduh secara perdeo diinternet. Penggunaannya juga tak sulit, dan tersedia pedoman dalam bahasa Malay bagi Anda nan tak familiar dengan Bahasa Inggris.



Bagaimana dengan PDF to Word?

Nah, jika di atas kita membahas tentang cara mengubah arsip word to PDF, lalu bagaimana mengubah arsip PDF ke word? Bisakah? Dari berbagai sumber dari internet penulis mendapatkan beberapa petunjuk bahwa arsip PDF juga dapat di convert ke word. Bagaimana caranya?

Salah satu cara buat mengubah format PDF ke word ialah dengan menggunakan software PDF to word. Software PDF to word ini dapat Anda dapatkan dari situs resmi software PDF2word di www.verypdf.com/pdf2word/pdf2word.exe.

Seperti biasa, software nan telah didownload terlebih dahulu harus diinstal ke PC agar dapat dioperasikan. Dengan software PDF2Word Anda dapat mengekstrak arsip PDF ke word kembali. Software ini sangat penting, mengingat arsip PDF ialah format arsip nan fix dan tak memungkinkan buat mengedit dokumen nan ada dalam format tersebut.

Nah, ketika Anda menemukan beberapa hal nan perlu diperbaiki atau ditambah dari dokumen nan ada di arsip PDF, maka Anda dapat menggunakan software ini. Arsip PDF nan sudah diekstrak dari PDF ke word, dapat segera Anda edit secara biasa dengan menggunakan program MS word.

Setelah proses editan selesai, Anda dapat kembali menyimpan arsip ini dalam bentuk PDF dengan menggunakan software word to PDF seperti nan sudah dijelaskan pada pembahasan sebelumnya.