Zivanna Letisha Siregar - Putri Indonesia 2008

Zivanna Letisha Siregar - Putri Indonesia 2008

Pemilihan putri Indonesia 2008 menjadi ajang pemilihan bagi wanita Indonesia sinkron ketentuan nan ditetapkan dan disosialisasikan oleh Yayasan Putri Indonesia. Salah satu prestasi luar biasa bagi Zizi (panggilan akrab Zivanna Letisha Siregar) sebab sukses meraih gelar putri Indonesia seperti halnya pemenang lain sebelumnya.

Ajang pemilihan putri Indonesia pada tahun 2008 merupakan penyelenggaraan pemilihan putri Indonesia ketiga belas. Setiap provinsi nan ada di Indonesia mengirimkan delegasinya. Zizi pada ajang pemilihan putri Indonesia 2008 mewakili DKI Jakarta. Ia memenuhi syarat dan ketentuan terutama dari Yayasan Putri Indonesia sehingga layak menjadi pemenang dan mewakili Indonesia dalam kegiatan nasional maupun internasional.



Sekilas tentang Pemilihan Putri Indonesia

Pemilihan putri Indonesia 2008 merupakan lanjutan dari pemilihan putri Indonesia tahun sebelumnya. Pemilihan putri Indonesia dimulai sejak tahun 1992. Penyelenggara primer ajang ini ialah Yayasan Putri Indonesia. Yayasan tersebut diketuai oleh Mooryati Soedibyo.

Yayasan bekerja sama dengan pemerintah Indonesia melalui departemen kebudayaan dan pariwisata melaksanakan program tahunan ini. Sponsor primer setiap pemilihan putri Indonesia yaitu perusahaan kosmetik Mustika Ratu.

Pemenang pemilihan putri Indonesia 2008 pada malam final memiliki nama lengkap Zivanna Letisha Siregar. Ia berhak menyandang gelarnya sebagai putri Indonesia setelah bersaing dengan para finalis daerah lain. Para pemenang ajang pemilihan putri Indonesia mulai tahun 1992 hingga 2008 bahkan sampai tahun ini akan menjadi delegasi negara Indonesia pada kegiatan bertaraf Internasional.

Selain itu, mereka akan ikut serta dalam memajukan komoditas ekspor, pariwisata, dan budaya Indonesia. Berbagai jenis kegiatan sosial ke daerah Indonesia nan membutuhkan juga mereka lakukan dengan cara memberikan hiburan dan bantuan.

Peserta nan mengikuti ajang pemilihan putri Indonesia 2008 sebanyak 38 orang. Jumlah finalis nan terbanyak berasal dari DKI Jakarta sebanyak 6 orang. Jumlah finalis ini semakin bertambah dari tahun sebelumnya. Hal tersebut disebabkan oleh adanya penambahan provinsi/daerah baru di Indonesia dan semakin bertambah pula minat wanita Indonesia mengikuti ajang ini.

DKI Jakarta merupakan salah satu daerah nan sering mengirimkan banyak finalis di ajang pemilihan putri Indonesia. Hal tersebut sudah menjadi Norma tersendiri bagi daerah tersebut sebab para calon finalis bisa langsung diseleksi di Jakarta (tempat primer penyelenggaraan pemilihan putri Indonesia dari tahun ke tahun).

Selain mengetahui jumlah peserta nan menjadi finalis ajang pemilihan putri Indonesia 2008 dan tahun sebelumnya, berikut ini terdapat beberapa syarat bagi wanita Indonesia nan ingin mendaftarkan diri sebagai calon finalis. Syarat tersebut menjadi ketentuan nan tak bisa ditawar oleh para calon finalis ajang ini.

Ketentuan nan menjadi syarat pemilihan putri Indonesia di antaranya:

  1. warga negara Indonesia,
  2. berusia antara 18-25 tahun,
  3. belum menikah,
  4. profesi majemuk mulai dari mahasiswi ataupun karyawati,
  5. mempunyai tinggi badan minimal 170 sentimeter,
  6. mempunyai pengetahuan generik dan wawasan luas tentang pariwisata dan kebudayaan Indonesia, serta
  7. berpenampilan menarik, cerdas, dan berkepribadian.

Pemilihan putri Indonesia 2008, tahun sebelum, dan sesudahnya memiliki tujuan sinkron ketetapan Yayasan Putri Indonesia. Berikut ini beberapa tujuan adanya pemilihan putri Indonesia mulai tahun 1992.

  1. Meningkatkan peran positif para remaja putridalam berbagai kegiatan kehidupan sebagai pendorong kemajuan wanita diantaranya brain , beauty, behaviour

  2. Sesuai uraian sebelumnya, puteri Indonesia akan menjadi duta bangsa dalam berbagai kegiatan atau lembaga nasional maupun internasional. Tujuannya buat memperkenalkan pariwisata, budaya, ekonomi, dan komoditi Indonesia.

Kriteria evaluasi pemilihan putri Indonesia 2008 nan telah ditetapkan oleh Yayasan Putri Indonesia yaitu sebagai berikut.

  1. Para calon finalis dan nantinya jadi finalis harus memiliki brain atau intelegensi. Artinya, mereka termasuk wanita/remaja putri nan mandiri, cerdas, dan mempunyai minat belajar. Selanjutnya beauty , artinya mereka harus bisa melakukan perawatan diri, cantik dan mempunyai penampilan menarik sinkron budaya Indonesia. Terakhir yaitu behaviour nan artinya percaya kepada pencipta yaitu Tuhan Yang Maha Esa, mempunyai kepribadian luhur, mempunyai etika hayati dan peduli terhadap sesama.

  2. Mereka juga harus terampil dalam berkomunikasi, bisa berpikir logis, pengetahuan generik nan dimiliki luas dan peduli dengan kondisi sosial, wawasan pariwisatanya juga luas sinkron ketentuan dari Yayasan Putri Indonesia.


Zivanna Letisha Siregar - Putri Indonesia 2008

Pemilihan putri Indonesia 2008 berlangsung pada 15 Agustus 2008. Loka penyelenggaraan final -nya di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, kota Jakarta. Acara tersebut dipandu oleh presenter terkenal di Indonesia, antara lain Charles Bonar Sirait, Nadia Mulya, Choky Sitohang dan Melanie Putria Dewita Sari.

Nadia Mulya merupakan salah satu alumnus putri Indonesia nan menjadi runner up satu pada pemilihan putri Indonesia tahun 2004. Sementara, Melanie Putria Dewita Sari menjadi alumnus putri Indonesia juga dan pernah menjadi pemenang pada pemilihan putri Indonesia tahun 2002. Acara pemilihan putri Indonesia tahun 2008 ini juga dihadiri para pendukung finalis dari setiap provinsi/daerah di Indonesia.

Selain para pendukung dari setiap provinsi atau daerah para finalis, acara pemilihan putri Indonesia tahun 2008 juga dihadiri oleh Menteri Kebudayaan dan Pariwisata, Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan, Menteri Kesehatan, Ketua Mahkamah Konstitusi dan Miss Universe 2008 .

Pemenangnya ialah finalis dari DKI Jakarta 6 dengan nama Zivanna Letisha Siregar. Ia telah sukses menyisihkan Ayu Diandra Sari (Bali) nan menjadi Runner-up I (Puteri Indonesia Lingkungan) 2008 dan Anggi Mahesti (DI Yogyakarta) nan menjadi Runner-up II (Puteri Indonesia Pariwisata) 2008.

Zizi, sang putri Indonesia 2008 merupakan putri dari pasangan Aswan Siregar dan Sandy Myriasandra. Pada 16 Februari 1989 di Jakarta, Zizi dilahirkan. Hobinya sama seperti wanita Indonesia lainnya, yaitu jalan-jalan, menyanyi, dan hobi lainnya.

Zizi menyelesaikan pendidikan SMA nya di SMA Al-Izhar Jakarta dan lulus pada 2007. Kemudian, ia melanjutkan pendidikannya di Universitas Indonesia dengan mengambil jurusan ekonomi. Bakatnya di global modelling menjadikannya berprestasi di global modelling pada ajang Elite Model Look 2006 .

Prestasi lainnya yaitu menjadi pemenang di ajang bergengsi di negara Indonesia, yaitu pemilihan putri Indonesia pada tahun 2008, BNN Ambassador, Kiwanis Indonesia Ambassador , dan Osteoporosis Ambassador . Ia akan menjadi duta Indonesia dalam kegiatan maupun lembaga nasional dan internasional.

Salah satunya ialah ia akan mewakili Indonesia di ajang pemilihan Ratu Global 2009. Meski gagal di ajang tersebut, Zizi mendapatkan nilai paling tinggi melalui polling di situs web resmi Miss Universe.

Setelah menjadi alumnus putri Indonesia, kegiatan Zizi sekarang, yaitu sibuk sebagai mahasiswa, menjadi pembaca berita, MC dan moderator talkshow. Selain itu, wanita cantik dengan wawasan luas ini tetap memperhatikan kesehatannya dengan menerapkan gaya hayati sehat dalam kesehariannya.

Hal tersebut menjadi pertimbangan primer bagi YJI (Yayasan Jantung Indonesia) buat memilih Zizi sebagai utusan yayasan ini bagi kaum remaja. Yayasan Jantung Indonesia menyadari bahwa remaja ialah pelaku pembangunan masa depan sehingga mereka harus peduli kesehatan sejak dini. Wajar saja, pada Juni 2010 yayasan tersebut mempercayai Zizi sebagai dutanya.

Zizi sebagai duta remaja YJI mempunyai pendapat mengenai beberapa hal. Ia sebagai putri Indonesia 2008 mengemukakan bahwa sehat itu higienis serta cantik di luar dan di dalam. Maksudnya, yaitu jika merasa fit dan nyaman dengan tubuh maupun jiwa, itulah arti sehat sebenarnya.

Selain itu, Zizi juga menyampaikan bahwa gaya hayati sehat menurutnya yaitu dengan banyak minum air putih, mengonsumsi makanan sehat dan menjauhi rokok. Untuk menunjang kegiatannya nan makin sibuk, ia melakukan fitness di gym sebab bisa membakar kalori di tubuh.

Demikianlah ulasan tentang Zivanna Letisha Siregar sang putri Indonesia 2008. Prestasi dan kariernya bisa menjadi pendorong semangat wanita Indonesia buat berkarya dan meningkatkan potensinya seiring dengan kemajuan teknologi serta informasi di berbagai bidang kehidupan. Pesan nan disampaikan putri Indonesia 2008 ini sekaligus sebagai duta remaja Yayasan Jantung Indonesia yaitu Live your life to the fullest!