Nokia E72, Pesaing Kuat Blackberry Curve 8900

Nokia E72, Pesaing Kuat Blackberry Curve 8900

Nama Nokia pernah berjaya sebagai rajanya telepon seluler di seluruh dunia. Saking banyaknya pemakai telepon seluler merek ini, sampai-sampai Nokia disebut sebagai telepon seluler sejuta umat. Memang tidak bisa dipungkiri, Nokia sempat menjadi simbol status sosial dan gaya hayati masyarakat modern melalui berbagai seri telepon seluler nan dilempar ke pasaran. Salah satu produknya ialah Nokia E72 .

Di akhir tahun 2009, popularitas ponsel Nokia memang mulai digeser oleh seri smartphone atau ponsel pintar besutan Research In Motion (RIM) Kanada, Blackberry. Namun vendor telepon seluler asal Finlandia tersebut seolah tidak ingin menyerah begitu saja pada kedigdayaan Blackberry nan mulai merangsek masuk ke pasar ponsel nan sebelumnya didominasi oleh produk-produk keluaran Nokia.

Tak ingin kalah saing dengan Blackberry dan vendor-vendor lain nan berlomba-lomba menawarkan ponsel cerdas, Nokia juga merilis seri smartphone berlabel E-Series. Salah satu produk unggulan dari E-series ialah seri Nokia E72. Nokia E72 dihadirkan ke pasar ponsel cerdas atau smartphone dengan menyasar para pelaku bisnis. Oleh sebab itu seri Nokia E72 juga dikenal sebagai ponsel bisnis nan cukup gahar.

Nokia E72 didukung oleh layanan Ovi services, dan dilengkapi berbagai pelaksanaan pendukung keperluan bisnis dan kerja. Pelaksanaan nan tertanam pada pada Nokia E72 antara lain versi terbaru Ovi Maps 3.0 atau biasa disebut Nokia Maps.

Nokia maps versi terbaru pada Nokia E72 tersebut mampu menampilkan bentuk bangunan dalam konstruksi 3 dimensi nan memudahkan pengunanya menemukan lokasi nan dituju. Sebagai ponsel bisnis, pelaksanaan ini tentu sangat membantu para pebisnis dengan jadwal meeting nan padat buat mengatur jarak, lokasi dan waktu meeting.

Nokia E72 juga mendukung coorporate mail seperti Microsoft Exchange, Lotus Notes Traveller, simultan e-mail, HTML e-mail, Nokia VPN, serta mampu men-support berbagai protokol seperti IMAP4, Nokia Messaging, Microsoft ActiveSync, POP3, dan SMTP.

Kemampuan messaging Nokia E72 diakui cukup mumpuni. Ponsel cerdas Nokia E72 dibekali baterai dengan daya simpan sebesar 1500 mAh, sehingga cukup kuat mendukung fungsinya sebagai ponsel bisnis.

Kinerja Nokia E-72 juga didukung oleh sistem optical trackpad, dengan kapasitas internal memori nan lebih besar, support HSUPA 2Mbps, dan resolusi kamera nan lebih tinggi serta beberapa opsi upgrade dari sisi sistem operasi. Nokia E 72 juga didukung oleh prosesor nan memampukannya melakukan download dan upload dengan kecepatan tinggi hingga 10,2 mbps.



Body Nokia E72 nan Menawan

Penampilan fisik Nokia E72 juga terlihat sangat menawan. Seperti pesaingnya, smartphone keluaran Blackberry, Nokia E72 juga hadir dengan tombol full qwerty. Keunggulan lain dari Nokia E72 ialah smartphone ini memiliki sistem navi key optical nan membuat navigasi di layar menjadi sangat mudah.

Jika dibandingkan dengan Blackberry, Nokia E72 memiliki trackball nan berbeda dengan Blackberry. Teknologi sensasi getar juga ditanamkan pada Nokia seri ini nan membuat selancar di layar lebih menyenangkan dan nyaman.

Nokia E72 di-desain dengan bentuk nan cantik dan memiliki brushed metal casing dan laser-carved design pada bagian belakang. Tampilan nan stylish juga terlihat dari layar Nokia E72 nan tampil lebih optimal jika ukuran dan resolusi layar nan lebih tinggi, selain juga prosesornya nan jauh lebih baik dari sebelumnya. Kamera dengan 5 mp juga turut mendukung piranti ini nan membuatnya semakin sempurna.



Spesifikasi Nokia E72

Berikut ini ialah spesifikasi, fitur dan komponen Nokia E72 :

  1. Sistem operasi Symbian OS 9.3, Series 60 v3.1 UI
  2. Full QWERTY keyboard
  3. Memori internal 250 MB, Eksternal MicroSD hingga 16 GB
  4. Kamera digital 5 MP, 2592 x 1944 pixels, auto fokus, LED flash
  5. 3G HSDPA, 10.2 Mbps; HSUPA 2 Mbps
  6. Wi-Fi 802.11 b/g
  7. SMS
  8. MMS
  9. Email
  10. Instant Messaging
  11. Polifonik
  12. Permainan
  13. Radio FM dengan RDS
  14. Bluetooth v2.0 dengan A2DP
  15. Java MIDP 2.0
  16. GPS
  17. WMV/RV/MP4/3GP video player
  18. MP3/WMA/WAV/RA/AAC/M4A music player
  19. Document editor (Word, Excel, PowerPoint, PDF)
  20. Baterai Li-Po 1500 mAh (BP-4L)
  21. Dimensi 114 x 58 x 10 mm, berat 128 gram.

Nokia E72 pertama kali dirilis di Indonesia pada kuartal ke empat tahun 2009. Nokia E72 hadir di tengah kompetisi nan tinggi antara seri smartphone dari berbagai vendor terkemuka di dunia. Nokia E72 pertama kali diluncurkan dengan banderol harga 350 Euro atau sekitar Rp. 5 juta belum termasuk pajak. Meski dipatok dengan harga nisbi tinggi namun Nokia E72 optimis mampu memenangkan pasar smartphone di Indonesia. Optimisme tersebut tentu bukanlah hal nan terlalu tinggi mengingat Nokia E71 nan diluncurkan sebelumnya juga laris di pasaran.



Nokia E72, Pesaing Kuat Blackberry Curve 8900

Kehadiran Nokia E72 diakui atau tak tetap menjadi pesaing kuat bagi smartphone Blackberry. Nokia E72 seringkali dibandingkan dengan Blackberry Curve 8900 Javelin atau Blackberry Tour 9630. Jika dibandingkan dengan BlackBerry Curve 8900 Javelin, Nokia E72 memiliki sejumlah kelebihan, yaitu:

  1. Nokia E 72 telah support 3G, sementara Blackberry Curve 8900 Javelin belum.
  2. Layar Nokia E72 menggunakan TFT dengan resolusi hingga 16 juta rona sedangkan Blackberry Curve 8900 Javelin hanya 65 ribu warna.
  3. Kamera Nokia E72 memiliki 5 mp, sementara Blackberry Curve 8900 Javelin hanya 3,15 mp.

Ada kecenderungan antara Nokia E72 dengan Blackberry Curve 8900 Javelin, yaitu sama-sama memiliki teknologi GPS dan pemutar musik nan lengkap. Sedangkan dari sistem operasinya, Nokia E72 didukung sistem operasi Symbian OS 9.3, Series 60 v3.2 UI, sedangkan Blackberry Curve 8900 Javelin menggunakan OS BlackBerry.

Selain diperbandingkan dengan Blackberry Curve 8900 Javelin, Nokia E72 juga kerap diperbandingkan dengan BlackBerry Tour 9630. Sekilas pandang, kedua seri smartphone ini memiliki kemiripan dalam penampilan fisiknya. Kedua smartphone bisnis ini mengusung layar 2,4 inci dengan bobot sangat ringan yaitu hanya 4.5 ons. Namun tedapat sejumlah disparitas fundamental nan mampu menjadi nilai jual bagi kedua seri smartphone ini di pasar masing-masing.

Konektivitas Nokia E72 didukung Wi-Fi, Bluetooth, dan port Infrared. Sementara BlackBerry Tour baru mengusung fitur Bluetooth dengan A2DP tanpa dukungan Wi-Fi. Dari segi entertainment, Nokia E72 sudah memiliki radio FM, sementara Blackberry Tour tak punya. Sedangkan mengenai kekuatan kamera, Nokia E72 memiliki kamera 5 mp sementara Blackberry Tour baru 3,2 mp.

Nah , bagi para pengguna smartphone, silakan pilih seri ponsel mana nan sinkron dengan kebutuhan dan budget Anda. Seiring waktu berjalan tentu harga dari kedua handset smartphone tersebut sudah menurun.

Sebagai pengguna smartphone Anda tentulah harus tetap bijak dan jangan sampai terjebak pada sekadar gaya hayati dan penampilan saja. Ingatlah buat jangan menjadi stupid user dari sebuah handset smartphone, sebab hal tersebut tentu tak menyenangkan bagi lingkungan sekitar Anda. Pilih Nokia E72 atau Blackberry?