Jadwal MotoGP 2012

Jadwal MotoGP 2012

Jadwal MotoGP dapat Anda akses di beberapa forum, website, maupun media-media nan menyajikan kolom-kolom warta olahraga nan terdapat didalamnya jadwal MotoGP. Musim-baru olahraga balap motor ini telah dimulai. Jorge Lorenzo menjadi jawara pada seri perdana MotoGP di Sirkuit Losail Qatar. Rider Yamaha ini mengukuhkan posisisnya sebagai pembalap nan patut diperhitungkan dalam rangkaian seri MotoGP dan menjadi salah satu kandidat kuat kampiun MotoGP 2012.

Musim MotoGP 2012 dimulai dengan format nan masih sama. Namun, ada perubahan besar nan dibuat panitia dalam memberikan aksi-aksi nan lebih menegangkan dengan menaikkan kapasitas mesin menjadi 1.000 cc. Tentu, ini tahun nan sangat ditunggu-tunggu oleh pecinta MotoGP di seluruh dunia. Dengan spesifikasi motor sebelumnya nan hanya memakai mesin 800 cc, balapan MotoGP musim 2011 telah memberikan tontonan nan sangat bagus bagi penontonnya. Dengan mesin 1.000 cc, diyakini para rider akan makin liar, kencang, dan berani sehingga tontonan nan menarik akan betul-betul tersajikan.



Sejarah MotoGP

Federation Internationale de Motocyclisme atau FIM merupakan federasi sepeda motor internasional nan berinisiatif mengadakan kejuaraan balap motor dunia. Inisiatif ini muncul sebab persaingan antar pabrikan motor di dunia. Untuk mengakomodasi itu semua, pada 1949, dengan tradisonal diselenggarakanlah perlombaan balapan motor. Ini menjadi cikal bakal terbentuknya kejuaraan MotoGP sebagai strata paling tinggi kelas balapan motor dunia.

Kelas-kelas nan dipertandingkan pada saat itu pun sangat majemuk mulai dari kelas paling rendah, yaitu 50 cc, kemudian 125 cc, 250 cc, dan 350 cc serta kelas pamungkas yakni 500 cc. Jadwal MotoGP pada saat itu belum banyak diketahui oleh para penikmat global balap sebab memang arus informasi baik media cetak maupun elektronik belum secanggih dan secepat sekarang.

Kelas MotoGP 500 cc sempat bertahan lama pada setiap seri di musim-musim penyelenggaraan MotoGP. Sebagai kelas motor grand prix , kelas 500 cc ini jadi puncak dari setiap penyelenggaraan seri MotoGP nan ada pada saat itu.

Namun, pada 2002 kelas ini digantikan dengan kelas motor berkapasitas 990 cc. Hal ini tak berlangsung lama sebab pada 2007, kelas MotoGP 990 cc ini diturunkan ke 800 cc dan bertahan hingga tahun 2011. Pada akhirnya, pada musim 2012 penyelenggara sepakat menambah daya motor menjadi 1000 cc.



Penyelenggaraan MotoGP 2012


  1. Sirkuit MotoGP 2012

Ada 18 seri MotoGP nan disusun dalam jadwal MotoGP nan akan diselenggarakan di berbagai negara nan dipercaya sebagai venue gelaran musim MotoGP 2012. Indonesia tak masuk di dalamnya selain sebab Indonesia dinilai belum siap buat menjadi tuan rumah kejuaraan balap motor paling bergensi di global ini, Indonesia juga dinilai rawan keamanan nan membuat para pabrikan motor enggan menurunkan pembalapnya buat unjuk gigi di negara ini.

18 seri di 18 sirkuit berbeda diharapkan menyuguhkan aksi-aksi berbeda pula dimulai dari seri pembuka di Qatar, tepatnya di Sirkuit Losail Qatar.

Tentu, kita tak heran kalau penyelenggaraan gelaran musim MotoGP selalu memasukkan seri MotoGP Qatar dalam agenda tahunan jadal MotoGP.Selain sebagai sebuah negara nan maju pesat dibidang ekonomi,Qatar telah mampu menunjukkan pada global bahwa negara mampu menjadi penyelenggara seri balapan MotoGp nan baik dan kompeten.

Qatar pula nan kemudian berinisiatif menggelar seri balapan MotoGP pada malam hari. Dengan asa memberi suasana nan berbeda dari seri-seri balapan lainnya nan seluruhnya menyelenggarakan balapan MotoGP pada siang hari.

Sempat diragukan keamanan para pembalap jika melakukan balapan di malam hari. Qatar menjawab keraguan itu dengan memberikan fasilitas sirkuit nan memadai sehingga lolos uji kelayakan balapan pada malam hari oleh komisi keamanan perlombaan.

Menyusul jadwal MotoGP selanjutnya ialah di Sirkuit Jerez Spanyol. Sirkuit ini merupakan sirkuit MotoGP nan masuk dalam seri balapan MotoGP Spanyol. Spanyol dalam hal ini mempunyai 3 Jadwal MotoGP menyusul terpilihnya 3 sirkuit di Spanyol sebagai penyelenggara balapan MotoGP setiap tahunnya. Sirkuit ini terletak di Kota Jerez de la Frontera dan memiliki panjang 4.428 Km.

Jadwal MotoGP lainnya ialah di Sirkuit MotoGP Estoril di Portugal. Ada 28 lap balapan nan mesti diselesaikan setiap rider MotoGP di sirkuit ini.

Setiap pembalap MotoGP harus menghabiskan panjang jalanan balapan nan tidak kurang dari 4.128 Km. Sirkuit ini selalu masuk dalam jadwal MotoGP setiap tahun dan merupakan langganan seri-seri awal penyelenggaraan balap MotoGP. Sirkuit ini bernama lengkap Autódromo do Estoril.

Sirkuit ini cukup membuat nyali para pembalap ciut setiap berlomba di sini. Sirkuit Le Lans selalu memberikan tontonan balapan nan menarik dan mendebarkan. Selain itu, sirkuit ini merupakan salah satu sirkuit terpanjang di global dengan panjang 13.629 km, terletak di Prancis dengan nama orisinil Circuit de la Sarthe.

Setelah melaksanakan seri balapan di Prancis, pembalap beserta pabrikan MotoGP kembali ke Spanyol buat melaksanakan seri balapan MotoGP selanjutnya, tepatnya di sirkuit Catalunya.

Sirkuit Catalunya merupakan sirkuit kebanggan para pembalap Spanyol, seperti Pedrosa dan Jorge Lorenzo. Dengan panjang 4.6227 Km, sirkuit ini memililki lebar 12 meter dan 5 serta 8 tikungan di kiri dan kanan dari sirkuit nan dibangun pada tahun 1991 ini.

Berlanjut kemudian ke Sirkuit Silverstone di Northamptonshire dan Buckinghamshire di Inggris. Masuk dalam jadwal seri keenam dalam daftar jadwal MotoGP , sirkuit ini memiliki panjang 5.141 km dengan jumlah tikungan 17 tikungan.

Seperti pada umumnya, balapan MotoGP nan disusun lewat jadwal MotoGP selalu digelar pada hari minggu. Sirkuit Assen, sirkuit selanjutnya nan menyelenggarakan seri balap MotoGP malah melaksanakan balapan pada hari sabtu sebab pada hari Minggu konsentrasi penduduk Belanda memfokuskan diri pada kegiatan ibadah di gereja-gereja nan ada.

Balapan hari sabtu ini menjadi satu-satunya balapan MotoGP nan masuk dalam kalender MotoGP nan spesifik melaksanakan balapan selain hari minggu. Kendati demikian, dengan panjang sirkuit 4.542 km nan dibangun pada tahun 1955, sirkuit ini tetap menjanjikan balapan nan tidak kalah seru pada setiap penyelenggaraan seri balap MotoGP nan diselenggarakan di negeri kincir angin ini.

Sirkuit Sachsenring di Jerman menjadi loka gelaran MotoGP selanjutnya. Sirkuit ini memiliki panjang 2,3 mil dan diyakini sebagai salah satu sirkuit nan menyuguhkan aksi kejar-kejaran antar pembalap.

Seri ke-9 dalam daftar jadwal MotoGP menjadi epilog rangkaian seri MotoGP setengah musim. Tuan rumah seri ini ialah Sirkuit Mugello di Italia. Dibangun pada tahun 1974, Sirkuit Mugello merupakan salah satu sirkuit paling modern di antara sirkuit-sirkuit nan menyelenggarakan MotoGP. Ditambah dengan lanskap pemandangan di sirkuit ini, dijamin menambah gairah Anda dalam menyaksikan lomba MotoGP.

Putaran kedua MotoGP kemudian diselenggarakan di Sirkuit Laguna Seca di Amerika Serikat. Nama resmi sirkuit ini ialah Mazda Raceway Laguna Seca Circuit. Sirkuit ini dibuka pada 1957 dan memiliki panjang 2,2 mil. Ini merupakan satu di antara dua sirkuit di Amerika Perkumpulan nan termasuk dalam jadwal MotoGP.

Jawdal MotoGP selanjutnya diselenggarakan di negara nan sama yaitu Amerika Serikat. Tepatnya, MotoGP diselenggarakan di Sirkuit Indiana Polis.

Brno merupakan sirkuit selanjutnya nan akan dijajal oleh para rider MotoGP setelah menyelesaikan dua seri MotoGP di Amerika Serikat. Sirkuit ini berada di Republik Ceko, dibangun pada 1980-an, dan memiliki lebar sirkuit sepanjang 15 meter.

Berturut-turut jadwal MotoGP selanjutnya ialah Grand prix MotoGP San Marino buat mengenang masa-masa balapan Simonceli nan meninggal tahun lalu pada seri MotoGP Malaysia. Sirkuit ini berganti nama menjadi Sirkuit Marco Simoncelli.

Disusul kemudian balap MotoGP seri Aragon di Sirkuit Motorland. Sirkuit Motegi di Jepang dan Sirkuit Sepang di Malaysia merupakan epilog seri balap MtoGP di Asia.

Dua seri balap MotoGP lainya ialah Sirkuit Philip Island di Australia. Sirkuit ini merupakan salah satu sirkuit terindah, bahkan merupakan sirkuit dengan panorama alam paling indah.

Sirkuit ini berada di sebuah pulau nan dikelilingi lautan. Sirkuit ini juga merupakan sirkuit kebanggaan sang kampiun global MotoGP, Casey Stoner. Akhir pergelaran musim MotoGP ditutup dengan seri balapan MotoGP di Ssirkuit Valencia di Kota Valencia, Spanyol.



Jadwal MotoGP 2012

Karena ada 3 seri balap MotoGP 2012 nan telah selesai deiselenggarakan, di sini hanya ada jadwal MotoGP 2012 mulai dari seri balap MotoGP di Sirkuit Le Mans Prancis.

  1. Sirkuit Le Mans Perancis, Live Trans7 pada 20 Mei 2012 Pukul 19.00 WIB
  1. Sirkuit Catalunya Spanyol, Live Trans7 pada 3 Juni 2012 Pukul 19.00 WIB
  1. Sirkuit Silverstone Inggris 17 Juni 2012 pada tanggal Live Trans7 Pukul 20.30 WIB
  1. Sirkuit Assen Belanda 30 Juni 2012 pada tanggal Live Trans7 Pukul 19.00 WIB
  1. Sirkuit Sachsenring Jerman 08 Juli 2012 pada tanggal Live Trans7 Pukul 18.00 WIB
  1. Sirkuit Mugello Italia 15 Juli 2012 pada tanggal Live Trans7 Pukul 19.00 WIB
  1. Sirkuit Laguna Seca USA 29 Juli 2012 pada tanggal Live Trans7 Pukul 4.00 WIB
  1. Sirkuit Indianapolis 19 Agustus 2012 pada tanggal Live Trans7 Pukul 1.00 WIB
  1. Sirkuit Brno Republik Ceko 26 Agustus 2012 pada tanggal Live Trans7 Pukul 19.00 WIB
  1. Sirkuit Misano San Marino 16 September 2012 pada tanggal Live Trans7 Pukul 19.00 WIB
  1. Sirkuit Motorland Aragon 30 September 2012 pada tanggal Live Trans7 Pukul 19.00 WIB
  1. Sirkuit Motegi Jepang 14 Oktober 2012 pada tanggal Live Trans7 Pukul 12.00 WIB
  1. Sirkuit Sepang Malaysia 21 Oktober 2012 pada tanggal Live Trans7 Pukul 15.00 WIB
  1. Sirkuit Phillip Island Australia 28 Oktober 2012 pada tanggal Live Trans7 Pukul 12.00 WIB
  1. Sirkuit Valenciana Valencia 11 November 2012 pada tanggal Live Trans7 Pukul 20.00 WIB

Semoga artikel jadwal MotoGP 2012 ini membantu anda dalam menyiapkan diri menyambut musim gelaran balap motor paling bergensi di dunia.