Jenis-jenis Aerobik

Jenis-jenis Aerobik

Artikel ini akan membahas seputar aerobik . Selain makan empat sehat 5 sempurna, cara nan paling efektif buat menjaga kesehatan kita ialah berolahraga. Namun, banyak orang nan malas berolahraga sebab menganggap olahraga ialah sesuatu nan berat. Jika Anda salah satunya, mari coba aerobik.

Olahraga ini mulai menjadi trend sejak 1980-an. Tapi sebenarnya, olahraga ini sudah ada sejak 1968. Adalah Dr. Kenneth H Cooper nan menemukan olahraga ini. Dr. Cooper ialah seorang mantan kolonel angkatan udara nan juga mengalami ilmu kedokteran. Kata aerobik ini dipopulerkan dalam buku Dr. Cooper nan berjudul Aerobics . Buku ini menjelaskan bahwa dengan rajin menerapkan aerobik dalam kehidupan sehari-harinya, seorang manusia dapat melakukan improvisasi dalam sistem cardiovascularnya.

Aerobik mulai berkembang dan dapat diterima masyarakat sebab kemudahannya dan juga praktiknya nan menyenangkan. Bahkan pada 1978, orang nan partisifatif dalam olahraga aerobik mencapai 6 juta orang dan ini meningkat pesat pada 1987. Aerobik menjadi lebih populer lagi dengan 19 juta orang nan aktif melakukannya.

Tak Heran, sebab aerobik begitu populer di luar negeri, maka Indonesia pun mengadopsi aerobik ke dalam kurikulum pelajarannya. Indonesia mencoba melakukan penemuan dengan membuat sebuah senam nan diberi nama SKJ (Senam Kesegaran Jasmani).

SKJ menjadi kurikulum dan krusial dalam sejarah aerobik Indonesia sebab pada 1990-an, SKJ menjadi kurikulum bagi seluruh sekolah di Indonesia. Bahkan saking populernya, Senam Kesegaran Jasmani ini mengeluarkan beberapa jenis gaya dan musik. Ada SKJ 1984, SKJ 1994, SKJ 1996, dan beberapa Seri SKJ lainnya. Senam ini merupakan Adopsi dari aerobik barat nan memadukan antara lagu up beat dan gerakan dansa nan dimodifikasi sedemikian rupa hingga menjadi sebuah olahraga nan bermanfaat.



Manfaat Aerobik bagi Kesehatan

Ada banyak hal nan membuat aerobik bermanfaat. Dengan melakukan aerobik, berarti kita melatih sirkulasi oksigen dalam tubuh, melatih jantung kita, dan juga bagus buat sistem peredaran darah nan ada dalam tubuh kita. Selain hal tersebut, berikut ialah beberapa laba nan diberikan aerobik terhadap tubuh kita.

  1. Jantung kita beroperasi lebih efisien dan lebih kuat. Banyaknya gerakan dalam aerobik membuat jantung memompa darah lebih cepat. Ketika hal tersebut dilakukan secara konsisten, maka otomatis itu akan menjadi latihan bagi jantung kita buat menjadi lebih kuat.
  1. Membantu Anda mengontrol berat badan. Kelebihan berat badan mengandung risiko buat terserang berbagai macam penyakit. Dengan aerobik, tubuh kita akan membakar kalori dan lemak nan tak diperlukan tubuh. Ini akan berdampak sangat baik bagi penampilan dan tubuh kita.
  1. Mengurangi risiko terserang diabetes, penyakit jantung, dan obesitas. Aerobik bisa mengurangi risiko penyakit-penyakit nan timbul dampak kurangnya olahraga.
  1. Akan meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi kelosterol jahat. Tidak setiap kolesterol itu bersifat merusak tubuh. Kolesterol baik akan menjaga keseimbangan, tapi kolesterol nan dursila dapat menimbulkan penyakit-penyakit nan berhubungan dengan cardiovascular . Aerobik bisa menjaga agar kolesterol dursila ini tak berkembang terlalu banyak.
  1. Menambah endorfin. Endorfrin ialah hormon nan menimbulkan rasa bahagia, nyaman, bahagia dan tenang dalam diri kita. Ini ialah versus dari hormon adrenalin dan kortisol. Aerobik membuat tubuh kita memproduksi banyak hormon endorfin. Dan ini akan membuat kita lebih tenang dalam menjalani rutinitas.
  1. Membuat kita lebih efisien dalam bernapas dan juga membuat kita bernapas lebih cepat. Karena aerobik sangat berhubungan dengan melatih Cardioviscular, maka dengan melakukan aerobik secara rutin akan membuat paru-paru dan tubuh kita dapat bernapas dengan lebih baik.
  1. Meningkatkan kekuatan otot dan elastisitas tubuh. Dengan melakukan aerobik secara teratur, badan kita akan menjadi lebih kuat. Selain itu, badan kita pun tak akan kaku lagi. Ini sangat krusial sebab otot nan kuat akan membuat fisik kita pun lebih kuat.
  1. Meningkatkan kualitas tidur. Tidur berkualitas ialah dambaan bagi setiap orang. Dengan melakukan aerobik, maka siklus tubuh kita pada saat tidur akan lebih baik daripada nan tidak. Imbasnya, tidur kita akan menjadi lebih berkualitas. Ketika tidur kita sudah berkualitas, maka esok hari kita akan menjadi lebih segar.
  1. Melindungi tubuh kita dari berbagai kanker. Oksigen merupakan salah satu obat alternatif nan dapat melawan kanker. Dengan melakukan aerobik, kita dapat memperbaiki asupan oksigen dalam tubuh kita. Ini merupakan obat penangkal kanker nan cukup mujarab.
  1. Memberikan lebih banyak energi. Olahraga memang melelahkan. apalagi bagi nan sporadis melakukannya. Tapi sebenarnya berolahraga rutin akan meningkatkan stamina kita. Begitupun dengan melakukan aerobik. Ketika rutin melakukannya, maka badan kita akan menjadi tak mudah lelah dan malah akan membuat badan kita menjadi lebih segar.


Jenis-jenis Aerobik

Ternyata, aerobik itu tak hanya senam saja. Ada beberapa jenis nan mungkin bisa membantu Anda dalam memilih mana nan cocok buat berolahraga.

  1. Low Impact Aerobic . Ini ialah aerobik bagi orang-orang nan tak dapat berolahraga terlalu keras atau mengalami sakit. Karena gerakannya pun tak terlalu rumit dan berta. Tapi ini menjadi alternatif nan sangat baik sebab ini dapat menjadi pilihan bagi para orang-orang tersebut.
  1. Water Aerobic . Aerobik ini dilakukan di kolam renang. Tujuannya dalah buat memberikan porsi latihan nan lebih baik lagi. Aerobik jenis ini sangat cocok buat orang-orang nan memiliki masalah pernapasan.
  1. Dance Aerobic . Ini mungkin hal nan paling diminati oleh banyak orang. Karena selain menyenangkan, Dance Aerobic nisbi lebih mudah dilakukan. Dance Aerobic juga memiliki berbagai strata di dalamnya, mulai dari beginner hingga expert . Setiap strata akan memiliki kesulitan nan berbeda dalam hal gerakan dan kecepatan.


Tip Melakukan Aerobik

Setelah melihat banyaknya manfaat aerobik, Anda mungkin berpikir buat melakukannya secara rutin. Berikut tip dan trik nan dapat membantu agar aerobik nan dilakukan berjalan lancar dan sinkron target.

  1. Lakukan dengan santai, jangan terburu-buru. Aerobik ialah olahrga nan menyenangkan. Karena selain diiringi dengan musik, di sini juga Anda melakukan banyak gerakan. Namun dalam melakukan aerobik kita harus sangat rileks. Untuk nan pertama kali, jangan terlalu memaksakan. Jika dalam waktu 10 menit sesudah latihan badan Anda terasa sangat tak nyaman, berarti Anda berlatih terlalu keras. Hindari hal-hal seperti ini.
  1. Lakukan secara bertahap. Intensifkan waktu aerobik Anda. Jika pemula, ada baiknya diskusikan dengan instrukstur tentang porsi latihan dan apa nan Anda inginkan dari aerobik ini. Mulai dengan porsi nan sedikit, sampai badan anda terbiasa, lalu tambah prosi latihannya sinkron dengan kebutuhan.
  1. Ajak teman-teman terdekat. Hal ini mungkin terlihat sepele, tapi sebenarnya mempunyai akibat nan sangat besar terhadap Anda nantinya. Jika teman terdekat Anda mengikuti kelas aerobik nan sama dengan Anda, maka Anda tak akan merasa canggung ketika melakukan senam. Selain itu, proses olahraga akan lebih menyenangkan sebab ada orang nan Anda sangat percaya di kelas tersebut.
  1. Catat hasil nan Anda dapatkan. Ini juga krusial sebab kita harus tahu apa nan terjadi dengan tubuh kita. Mulailah dari hal sederhana, coba hitung kembali berta badan anda setelah sebulan rutin melakukan aerobik. Ini dapat menjadi citra apakah program aerobik nan Anda lakukan sudah sesuai.
  1. Perhatikan gaya hayati Anda. Jangan lupa buat memperhatikan apa nan Anda konsumsi selama di luar latihan. Tidak akan ada gunanya jika Anda berolahraga dengan aerobik secara baik, namun masukan gizi dan makanan Anda malah seenaknya. Untuk menciptakan badan nan sehat harus dibarengi oleh pola hayati nan sehat juga. Perbanyak makan buah, minum air putih, dan juga makan makanan nan bergizi. Hindari junkfood dan makanan nan menambah kadar penyakit dalam diri Anda.

Selain menyenangkan, aerobik juga memiliki banyak kegunaan bagi tubuh kita. Jadi tunggu apa lagi, mari bersenang-senang dengan cara nan sehat.

advertisements

Tips Sehat

advertisements