Sesuaikan Alas Tidur

Sesuaikan Alas Tidur

Tidur buat sebagian orang merupakan satu masalah. Sulit buat tidur kadang menjadi perbincangan nan menggelitik ketika kita membincangkan dengan orang-orang nan tidak memiliki masalah dalam tidur. Namun akan menjadi masalah serius bagi orang-orang pengidap tidak bisa tidur atau penyakit susah tidur.

Kadar tidak bisa tidur tiap orang pun beragam. Ada nan sama sekali tidak dapat tidur dalam waktu nan lama. Ada nan tak dapat tidur buat waktu nan kurang begitu lama. Penyebab imsomnia juga beragam. Ada nan memang berupa penyakit bawaan atau juga dapat disebabkan sebab stres. Untuk mengatasi masalah imsonia ini, ada beberapa cara tidur yang dapat dipakai buat dapat tidur bagi para pengidap imsomnia.

Sebenarnya bukan hanya bagi pengidap imsomnia saja, tetapi dapat juga diterapkan bagi orang nan ingin tidurnya lebih berkualitas. Karena kualitas tidur mempengaruhi kesehatan dari seseorang dan juga kualitas pekerjaan seseorang. Bukan berupa berapa lamanya seseorang tertidur, tetapi seberapa nyaman orang tersebut tertidur.



Ruang Oksigen

Kamar tidur nan kita pakai kadang dapat terlalu pengap dan sedikit sekali mengandung oksigen. Kurang oksigen akan membuat tubuh tak dapat bekerja normal hingga tubuh tidak dapat rileks. Tidur dalam keadaan ruang nan pengap dan minim oksigen akan membuat tubuh merasa trauma dengan keadaan kamar. Dan hal ini juga dapat mengakibatkan kita susah buat tidur. Selain itu, kamar nan pengap dan minim oksigen dapat menyebabkan sakit pernafasan. Bagi pengidap asma, ruangan nan minim oksigen dan pengap akan membuat asma nan dideritanya kambuh.

Minim oksigen ini juga dapat membuat tubuh terasa sangat pegal dan sakit sebab tidur nan kurang berkualitas. Untuk itu perlu diatur sirkulasi udara kamar nan bagus dan harus menggunakan perhitungan keluar masuknya udara. Sirkulasi dapat dibuat dengan cara membuat lubang angin pada kamar. Yang langsung terhubung ke luar rumah buat mengambil udara segar dari luar rumah.

Jika kamar berada di dalam rumah dan tak mungkin membuat lubang angin keluar rumah, dapat dibuat ruang angin ke ruangan lain. Dan ruangan lain tersebutlah nan dihubungkan dengan udara dari luar rumah.

Jika memang kamar nan digunakan buat tidur sangat pengap dapat dipasang exhaust fan yaitu kipas nan berfungsi buat menyedot keluar udara nan ada di dalam kamar sehingga udara nan lebih segar akan masuk. Beberapa orang mengatasi ruangan pengap dengan kipas angin. Memang kamar akan terasa lebih segar, tetapi udara tak dapat terganti sepenuhnya.

Namun tetap saja udara nan diputar kipas angin sangat minim oksigen. Untuk itu perlu ditangani dan diatasi dengan ruangan nan beroksigen dengan baik. Bila menggunakan pengatur suhu ruangan pun harus diperhatikan kadar oksigen nan dihasilkan. Jika memungkinkan, gunakanlah pendingin ruangan nan sudah dilengkapi dengan penyaring udara sehingga dapat menghasilkan udara nan higienis dan sehat.



Sesuaikan Alas Tidur

Alas tidur tidak harus empuk namun harus senyaman mungkin di tubuh. Kadang kasur bagi sebagian orang merupakan alas nan tidak nyaman. Malah alas tidur dari anyaman bambu nan dianggap lebih nyaman. Yang perlu diperhatikan buat memilih alas tidur ialah alas tidur nan teratur kerataannya. Jika memilih kasur springbed, pilihlah kasur springbed nan per-nya rapat. Per nan renggang akan membuat sela di antara per dan membuat tidur kurang nyaman. Untuk itu perlu dipilih alas tidur nan nyaman.

Bantal pun harus dipilih nan nyaman sinkron dengan leher dan kepala kita. Pilihlah bantal nan empuk sebab akan berpengaruh kepada peredaran darah ke kepala. Jangan gunakan bantal terlalu tinggi sebab akan membuat peredaran darah ke otak kurang lancar.



Aktivitas Berkualitas Pengantar Tidur

Sebagian orang penderita tidak bisa tidur kadang tidak memikirkan aktivitas nan dijalani. Misalnya saja bekerja tanpa henti di depan komputer tanpa melakukan peregangan sesekali ataupun olah raga. Kerja nan terus menerus, terutama di depan komputer dengan konsentrasi nan tinggi akan membuat tubuh kita stres. Sering sekali badan lemas dan merasa malas buat beraktivitas secara fisik apalagi buat berolah raga. Sering kali seorang penderita tidak bisa tidur mengidap imsomnia sebab minimnya aktivitas nan dikerjakan oleh tubuh mereka.

Ini merupakan perbuatan nan salah dan akan memperparah insomnia. Perlu dicari aktivitas berkualitas nan mampu mendorong seseorang buat dapat tidur dengan nyaman. Aktivitas nan menghabiskan banyak energi namun tidak menyita fisik. Banyak sekali aktifitas nan dapat dilakukan. Kegiatan nan dilakukan misalnya melalui berpikir dari membaca dan sebagainya. Setelah seharian lelah bekerja, usahakan buat melemaskan pikiran kita dengan hiburan seperti membaca buku lucu ataupun dengan melakukan karaoke atau berjoget.

Jika memang sempat, usahakan buat berolahraga. Aktivitas nan banyak memakan energi inilah nan akan menjadi dorongan seseorang merasa tubuhnya lelah dan membutuhkan istirahat. Tidur akan lebih lelap ketika badan kita terasa lelah.



Pola Hayati Sehat

Pola hayati nan sehat sangat berpengaruh pada kualitas tidur kita. Pola hayati ini dapat kita jalani dengan mengkonsumsi makanan sehat dan melakukan olahraga nan teratur. Jangan pernah menganggap hal ini sulit kita kerjakan sebab asumsi tersebut dapat mengakibatkan sugesti alam bawah sadar kita dan menjadikan kegiatan tersebut sulit bagi kita. Tanamkan dalam pikiran kita bahwa pola hayati sehat tersebut akan membuat badan kita sehat pula.

Memenuhi makanan empat sehat saja sudah merupakan usaha buat memenuhi sebagain dari pola hayati sehat. Olahraga teratur juga dapat memacu kerja tubuh kembali normal. Kebersihan badan dan ruang loka kita tinggal juga sangat perlu dijaga. Loka tinggal nan sehat tentu akan berpengaruh positif terhadap kesehatan kita. Bersihkan selalu loka tinggal kita dan hilangkan barang-barang nan dapat menyebabkan bau tak sedap misalnya saja sepatu atau baju kotor. Bau tidak sedap dari ruangan dapat menyebabkan tak dapat tidur.



Nyamankan Diri

Bila alas tidur, bantal, ruangan, sampai pola hayati sehat sudah diterapkan, masih banyak hal sebenarnya nan patut diperhatikan. Misalnya menyamankan ruangan dengan bau wewangian sampai memutar musik klasik. Wewangian dapat kita dapatkan dengan memasang pengharum ruangan aroma terapi. Aroma terapi akan semakin membuat otak kita rileks dan membuat tidur kita semakin mudah. Musik klasik juga sangat baik didengarkan saat tidur sebab akan membuat otak lebih rileks sehingga tidur akan semakin berkualitas.

Posisi tidur juga perlu diperhatikan dalam cara tidur sehat kita. Bila sulit tidur dalam ruangan nan sempit, coba saja dengan ruangan nan lebih luas. Bila sulit tidur dalam posisi terlentang, cobalah tidur dengan posisi miring ke kanan atau ke kiri. Jika tak nyaman menggunakan bantal, cobalah buat tak menggunakan bantal. Nyamankanlah diri saat tidur. Namun jika semua langkah belum dapat membuat tidur, tentu saja tidak bisa tidur nan diderita sudah membutuhkan penanganan spesifik dari psikiater dan dokter.

Alam bawah sadarlah nan mengalami masalah. Alam bawah sadarlah nan akan mengontrol pola kehidupan kita. Ini nantinya nan akan ditangani oleh psikiater dan dokter.

advertisements

Tips Sehat

advertisements