Hentikan Mobilitas (Stop Motion)

Hentikan Mobilitas (Stop Motion)

Animasi bisa didefinisikan sebagai suatu delusi mobilitas nan dibuat dengan menampilkan urutan gambar dengan cepat. Gambar dapat berupa 2 dimensi atau 3 dimensi. Delusi optik merupakan salah satu aspek krusial dalam menciptakan hasil animasi dari kenyataan nan disebut 'ketetapan visi'. Membuat animasi ialah metode nan paling generik buat membuat film. Cari tahu bagaimana cara membuat animasi di bawah ini, berikut program unggulannya.

Animasi ialah cara nan fun sekalgus kreatif buat membuat film. Sebelum kita dapat mulai dengan beberapa perangkat lunak animasi nan baik buat pemula, mari kita membahas beberapa dasar buat membuat animasi.

Meskipun hanya dengan membaca artikel Anda tak akan bisa mengetahui atau memahami segala sesuatu tentang pembuatan film animasi, setidaknya niscaya dapat membantu Anda memulainya. Belajar animasi ialah pengalaman. Sehingga, apa pun nan Anda pelajari tentang animasi sejatinya tak berguna, kecuali jika Anda mencoba tips dan teknik animasi.

Banyak teknik atau metode nan berbeda bisa digunakan buat membuat animasi sendiri. Satu hal misalnya dengan menggunakan teknik tradisional, animasi komputer atau teknik stop motion dalam menciptakan animasi.



Teknik Tradisional

Teknik ini digunakan buat banyak film nan dibuat pada abad ke-20. Dalam teknik tradisional, langkah pertama ialah membuat gambar buat urutan nan akan disajikan dalam animasi. Gambar ini difotokopi pada lembaran asetat. Sisi lembaran nan antagonis dengan gambar garis harus diisi dengan rona nan ditugaskan. Lembaran-lembaran ini kemudian difoto di film-film menggunakan kamera mimbar.



Animasi Komputer

Dua kategori dasar animasi komputer, animasi 2D dan 3D . Animasi 2D dibuat dengan menggunakan '2D grafis vektor' atau '2 grafis bitmap D'. Morphing, tweening, diinterpolasi rotoscoping, dan onion skinning ialah teknik nan digunakan dalam animasi 2D.

Teknik nan disebut 'rigging’ digunakan buat membuat animasi 3D. Meskipun banyak teknik lain nan digunakan buat membuat animasi 3D, rigging ini paling sering digunakan. Para model digital nan dibuat buat animasi 3D dimanipulasi dengan donasi seorang animator. Mesh diberikan struktur digital buat memfasilitasi manipulasi mudah.



Hentikan Mobilitas (Stop Motion)

Teknik stop motion juga menggunakan kenyataan delusi optik buat membuat animasi. Namun dalam metode ini, benda-benda global konkret nan dimanipulasi secara fisik dan kemudian difoto satu frame pada satu waktu. Animasi boneka, animasi tanah liat, potongan animasi ialah beberapa jenis animasi berhenti.



Membuat Animasi Sendiri

Siapa pun bisa dengan mudah membuat animasi GIF dengan donasi software nan disebut 'Adobe Photoshop'. Arsip gambar harus diset pada ukuran pixel 100 x 100 dan resolusi 72 pixel per inci. Mode harus diset ke rona RGB. Opsi 'menunjukkan lapisan' harus dipilih dari 'palet mengambang' dari 'Jendela' menu.

Untuk menggambar, alat stensil harus digunakan. Sebuah layer duplikat harus dipilih dengan mengklik panah pada palet layer sub-menu. Langkah berikutnya dalam proses ini ialah buat klik pada ikon bola mata nan hadir di bagian bawah lapisan palet di sisi kiri.

Gambar akan disimpan dengan memilih "melompat ke" pilihan di bawah menu file, diikuti dengan mengklik pilihan "Adobe ImageReady 2.0". Gambar harus disimpan ketika diminta buat melakukannya. Animasi gambar dilakukan dengan donasi opsi "show animation" hadir dalam "jendela" menu. Mengklik pada pilihan "show animasi" akan memunculkan "animation floating palette ". Membuat bingkai dari layers merupakan pilihan nan hadir dalam "animasi palet sub-menu" nan digunakan buat tujuan animasi. Animasi harus disimpan dengan mengklik 'Save Optimized As" option.



Memilih Software Animasi Terbaik

Setiap kali Anda akan membuat sebuah film animasi atau animasi sederhana, hal pertama nan perlu Anda tanyakan pada diri Anda sendiri ialah "Bisakah cerita dibuat dalam live-action?" Jika jawabannya ialah 'tidak', barulah kemudian membuat sebuah film animasi.

Namun jika itu praktik nan Anda cari, maka Anda bisa membuat beberapa detik animasi buat membiasakan konsep ini. Membuat storyboard kecil buat mendapatkan citra nan lebih jelas dari apa nan akan dibuat. Atau setidaknya, menarik thumbnail adegan atau urutan nan Anda akan tunjukkan dengan menggunakan animasi.

Setelah ini, pertimbangkan gaya dan penggunaan perangkat lunak nan baik buat membuat urutan animasi. Seperti film "Matrix", nan sebenarnya ialah wacana storyboard melalui gambar nyata. Atau film "300" nan bahkan lebih ekstrim lagi, mengikuti adegan pada animasi.



Stop Motion Animation Software

Stop motion pada dasarnya dibuat dengan mengambil foto. Jadi, ada bingkai di mana Anda menembak dan menyimpan. Kemudian, dilanjutkan ke frame berikutnya, maka frame berikutnya dan seterusnya. Ketika frame ini dimainkan dengan cepat, Anda akan dapat melihat gerak. Untuk menghentikan gerakan, Anda bisa menggunakan sketsa atau menggunakan model tanah liat, model kertas, atau bahkan menggunakan hal wafat seperti tombol, pasir, pensil, dan lain-lain. Jangan ragu buat memunculkan ide-ide gila.

Untuk membuat animasi stop motion , Anda perlu perangkat lunak animasi, misalkan I Can Animate, SAM ANIMATION, dan Stop MotionMaker. I Can Animate hanya buat Mac. Ini memiliki fitur dasar nan baik dan bekerja dengan DV Camcorder dan webcam lainnya serta kompatibel pada Mac. Sangat mudah buat dipahami dan mudah bagi pemula buat memahaminya.

SAM ANIMATION memiliki antarmuka sangat sederhana dan mudah buat dipelajari serta fitur dasar layak. Stop MotionMaker hanya buat Windows. Program ini sangat user-friendly , juga memiliki banyak fitur canggih nan memungkinkan Anda dengan cepat membuat animasi.



Software Animasi 2D buat Pemula

Animasi 2D pada dasarnya ialah animasi nan dibuat dalam lingkungan 2D, sebagai versus 3D. Animasi 2D memiliki daya tarik sendiri dan mudah buat dibuat. Anda bisa melakukan animasi sel nan dilakukan dengan membuat bingkai demi bingkai gambar. Anda juga bisa menggunakan alat dalam perangkat lunak buat menciptakan berbagai di antara frame. (Jika semua ini terdengar terlalu teknis, pertimbangkan tutorial pada frame demi frame animasi.)

Perangkat lunak 2D terbaik menurut pendapat aku ialah Flash. Saya telah menggunakan software ini selama bertahun-tahun kuliah di Komunikasi dan terus meningkat sejalan dengan perkembangan setiap versinya. Sebagai pemula, pertimbangkan buat menggunakan versi lama dari Flash sebab memiliki antarmuka nan sederhana.

Dua software animasi 2D lainnya nan baik ialah Animation Workshop dan Animation-ish. Animasi-ish ialah software animasi nan baik buat pemula, nan memungkinkan pengguna buat bermain dengan animasi dasar. Animation Workshop ialah pilihan nan baik buat membuat klip pendek.



Software Animasi 3D Terbaik buat Pemula

Cara membuat Animasi 3D dibuat dengan menggunakan perangkat lunak nan memungkinkan pengguna buat membuat model 3D dan menganimasikannya dalam lingkungan 3D. Untuk membuat animasi 3D, kita perlu memahami banyak hal teknis.
Namun, ada banyak tutorial nan tersedia nan akan memandu langkah demi langkah dalam mempelajari perangkat lunak ini. Walau mulai dengan nan paling sederhana sebagai pemula dalam software 3D, Anda bisa melihat hasil dengan cepat dan melakukan animasi dengan lebih rapi.

Dua software 3D paling populer ialah Maya dan 3D Studio Max. Namun, perangkat lunak ini memiliki antarmuka nan kompleks dan begitu banyak fitur nan sulit buat dipahami. Oleh sebab itu, mulailah dengan perangkat lunak sederhana dan lebih mendasar. Blender ialah software 3D terbaik saat mulai membuat animasi 3D secara basic.

Blender lebih merupakan program gratis, dan akan membantu Anda membuat animasi keren dalam lingkungan 3D. Maya dan Max butuh biaya banyak dan juga agak sulit buat dipelajari. Jadi, cobalah latihan pertama dengan Blender dan kemudian mempertimbangkan buat upgrade ke Maya atau Max.

Untuk memulai cara membuat animasi, Anda dapat melakukannya dengan mendownload perangkat lunak open sourc e dan memulai dengan menciptakan beberapa beberapa klip animasi kecil-kecilan. Apabila dibarengi dengan membaca beberapa tutorial tentang cara menggunakan perangkat lunak, akan membantu Anda membuat animasi dengan mudah dan rapi. Juga, terus memperbarui diri dengan belajar teknik-teknik baru buat menciptakan animasi dan membuat klip animasi lebih cepat. Selamat belajar.