Persetujuan Antara Korea Utara dan Amerika Perkumpulan Mengenai Persenjataan Nuklir pada Tanggal 21 Oktober 1994

Persetujuan Antara Korea Utara dan Amerika Perkumpulan Mengenai Persenjataan Nuklir pada Tanggal 21 Oktober 1994

Dalam kaitannya dengan sebuah perjanjian, contoh mou dibutuhkan buat bisa membantu menyusun kesepakatan. MoU ialah istilah dalam bahasa Inggris nan memiliki kepanjangan berupa memorandum of understanding.

Secara definitif, sebuah memorandum of understanding berarti adanya nota kesepahaman antara dua sisi orang nan saling terkait namun tak terbatas hanya pada dua orang atau pihak saja. Hal ini dapat menghubungkan beberapa orang sekaligus dalam waktu nan bersamaan.

Di dalam kehidupan sehari-hari, baik itu dalam bentuk bisnis maupun keperluan lainnya, banyak terjadi kesepkatan antara satu pihak dengan pihak nan lain pula. Hal ini merupakan sebuah hukum alam nan akan terus berlangsung seiring dengan fakta bahwa manusia ialah makhluk sosial nan akan terus membina sebuah interaksi dengan manusia lainnya.

Kerja sama antara dua pihak merupakan bagian dari konsekuensi logis dari status manusia sebagai makhluk sosial nan hayati berdampingan dengan individu-individu lain di sekitarnya. Dengan pengertian tersebut, bisa dirumuskan bahwa contoh mou harus selalu dapat didapatkan apalagi sebuah kolaborasi tersebut memiliki sifat resmi dan mengikat.

Hal ini berfungsi sebagai alat penjaga stabilitas kesepakatan agar tak melenceng dari apa nan sudah disetujui bersama oleh kedua belah pihak di saat nan sama pula. Dengan adanya memorandum of understanding, diharapkan tak akan ada konflik atau perselisihan berdasarkan kepentingan.

Salah satu pihak tak akan dapat melanggar pihak lain dan mendahulukan kepentingannya sendiri di atas kepentingan kesepakatan itu sendiri. Hal ini disebabkan oleh fenomena bahwa dengan ditandatanganinya sebuah memorandum of understanding, kedua belah pihak berarti sudah menyetujui sebuah tindakan nan harus dijalankan atau dilakukan secara bersama.

Memorandum of understanding ialah sebuah jalan tengah nan dapat dipilih apabila tak satu pun dari kedua pihak nan mampu memberi kekuatan hukum pada persetujuan nan hendak mereka lakukan. Pada beberapa kasus, bisa dikatakan bahwa sebuah MoU dapat memiliki kekuatan hukum nan mengikat, sama seperti sebuah kontrak.

Untuk dapat menjadi seperti ini, sebuah contoh mou haruslah mendapatkan persetujuan dari kedua belah pihak nan bersangkutan. Ketika ini terjadi, sebuah kesepakatan nan terjadi dalam bentuk memorandum of understanding bisa mengikat semua pihak nan terlibat di dalamnya sehingga tak aka nada nan berani melanggar kesepakatan tersebut baik secara langsung maupun tak langsung di kemudian hari nanti.



Contoh Mou nan Ada Saat Ini

Dalam bidang hukum perdata di negara Amerika Serikat, MoU memiliki kecenderungan dengan apa nan dikenal sebagai letter of intent. Contoh mou buat penerapan istilah ini ialah MoU antara Bush dan Kerry dalam debat berkenaan dengan pencalonan kepresidenan tahun 2004 lalu.

Dalam penerapannya di global bisnis, contoh mou nan berlaku ialah adanya kesepakatan antara beberapa departemen di sebuah perusahaan. Dengan adanya MoU nan spesifik, dapat ditetapkan atau didefinisikan bagaimana interaksi antara kesemua departemen nan ada di perusahaan tersebut.

Di negara Inggris, contoh mou hadir dengan istilah berbeda, yaitu concordat. Sebagai contoh buat hal ini bisa dilihat dari concordat antara badan-badan nan memeriksa, mengatur serta mengaudit layanan sosial dan kesehatan masyarakat luas.



Contoh Mou dalam Hukum Internasional

MoU pun hadir dalam kaitannya dengan bagaimana cara sebuah negara dapat berhubungan dengan negara lain tanpa saling menghasilkan gesekan-gesekan kepentingan satu sama lainnya. Dalam penggunaannya secara internasional, MoU digolongkan ke dalam jenis pakta dan penandatanganannya harus melalui proses pendaftaran ke dalam pusat data Liga Bangsa Bangsa.

Dalam prakteknya, Memorandum of Understanding acap kali dirahasiakan dari publik walaupun pada kenyataannya, peraturan Liga Bangsa Bangsa meniatkan anjuran agar MoU harus melalui proses registrasi tersebut di atas sebagia jalan buat menghindari terjadinya diplomasi rahasia.

Seperti nan telah diutarakan di awal tadi, sebuah memorandum of understanding tak semestinya secara standar mengikat atau tak mengikat kedua belah negara nan menandatanganinya.

Untuk menentukan apakah MoU tersebut memiliki kekuatan hukum nan mengikat, seseorang harus terlebih dahulu memastikan niatan nan dimiliki oleh semua pihak dan juga posisi dari orang-orang nan memberikan persetujuan terhadap adanya MoU itu sendiri.

Sifat mengikat atau tidaknya sebuah MoU bisa pula ditentukan melalui analisa nan penuh kehati-hatian dan mendalam terhadap pemilihan kata nan terkandung dalam dokumen terkait sehingga dapat dengan seksama didapatkan keputusan mengenai apakah memorandum itu bersifat mengikat semua pihak atau tidak.

Sebagai contoh mou nan melalui proses nan seperti itu ialah ketikan Pengadilan Tinggi Internasional memeriksa status hukum atas dokumen kasus batas wilayah antara Bahrain dan Qatar lebih dari satu dasa warsa lalu, pada tanggal 1 July 1994.

Satu laba nan didapat ketika memilih Memorandum of Understanding sebagai penghubung antara satu negara dengan negara lainnya ialah sebab kewajiban nan ada dan diatur oleh hukum internasional bisa dihindari, sehingga MoU tersebut dapat langsung difungsikan tanpa harus melalui persetujuan parlementer terlebih dahulu.

Meskipun secara definisi sebuah memorandum of understanding bisa berlaku antara lebih dari dua pihak, persetujuan antara perusahaan penerbangan transnasional nan ada sebetulnya merupakan bagian dari MoU. Beberapa contoh mou lainnya Mou nan dikeluarkan antara Presiden Amerika Serikat, Richard Nixon dan negara pecahan Uni Sovyet pada tanggal 26 Mei 1972.

MoU ini berisi pembaharuan persetujuan mengenai Pakta Misil Anti balistik. Persetujuan antara Kepulauan Cayman dengan Kuba nan menetapkan bahwa pihak petugas keimigrasian Kepulauan Cayman harus memberikan para pengungsi dari Kuba dua pilihan yaitu dikembalikan ke negara mereka atau tak diberikan donasi sama sekali.

MoU antara Amerika Perkumpulan dan Kuba nan bertujuan buat mengkriminalisasikan pembajakan pesawat di kedua negara. MoU ini terjadi pada tanggal 3 Februari 1973.



Persetujuan Antara Korea Utara dan Amerika Perkumpulan Mengenai Persenjataan Nuklir pada Tanggal 21 Oktober 1994

Program Minyak buat Makanan nan disetujui oleh Irak di tahun 1996 Kesepakatan antara pihak pemerintah Indonesia dengan pemberontak GAM di Aceh pada tanggal 15 Agustus 2005 lalu Kesepakatan nan terjadi antara Inggris dengan Yordania, Lebanon dan Libya nan menyatakan bahwa tersangka teroris haruslah mendapatkan peradilan nan layak.

Mou nan ada antara negara Republik Rakyat Cina dengan Singapura dan Selandia Baru tentang perdagangan bebas. Persetujuan antara produsen pesawat terbang nan menentukan pokok-pokok pikiran dalam hal pemesanan produk nan baru.

Dari beberapa contoh mou nan ada di atas, bisa dikatakan bahwa peran memorandum of understanding sangatlah krusial dalam menjaga kestabilan interaksi antar negara. Memang tak ada kekuatan hukum nan jelas nan terdapat di dalam sebuah MoU, tetapi pelanggaran terhadap kesepakatan nan sudah dibuat bisa berarti bahwa pihak nan melanggar bukanlah pihak nan menghargai arti krusial dari sebuah kolaborasi dan kolaborasi.

Sehingga mungkin tindakan-tindakan hukum nan sinkron bisa dikenakan pada pihak tersebut pada akhirnya buat memberi ganjaran atas ketidakpatuhan pihak tersebut pada perjanjian nan sudah disetujui sebelumnya.

Tentunya hukuman nan diberikan tak akan berupa sesuatu nan ringan sebab resikonya dapat saja berbuah panjang dan mungkin akan sampai ke pengadilan tinggi internasional buat diselesaikan secara baik dan sempurna.

Jika Anda tengah terlibat dengan suatu urusan nan mengharuskan Anda menandatangi suatu bentuk kontrak atau perjanjian lain nan sifatnya mengikat, namun Anda merasa belum siap dengan konsekuensi sah nan mungkin ditimbulkan, membuat sebuah Memorandum of Understanding dapat jadi merupakan sebuah pilihan nan nisbi lebih aman.

Jika Anda memerlukan donasi ataupun pedoman dalam penyusunan sebuah MoU, Anda dapat mencari contoh mou nan banyak tersedia di internet.