Tentang Trend Masa Kini

Tentang Trend Masa Kini

Seperti apa trend masa kini itu? Kalau membicarakan trend masa kini , niscaya nan ada di pikiran kita secara tak sadar ialah hal-hal nan berkaitan dengan fashion . Tapi tak bagi penulis. Berhubung penulis lulusan IT, jadi nan harus diperhatikan ialah perkembangan seputar IT. Jadi, waktu berpikir tentang judul itu, penulis bertanya kepada diri sendiri apa sih nan lagi tren di bidang IT? Berikut ini ulasan lengkapnya.



Tentang Trend Masa Kini

Setelah celingak-celinguk di global maya dan di sekitarnya plus tak lupa juga bertanya ke teman-teman nan bergelut di bidang IT juga, penulis menyimpulkan jika sekarang ini lagi trennya orang melototin tanpa bosan-bosan nan namanya Smartphone . Sudah tahu kan Smartphone ? Jangan bilang tak tahu ya?

Tapi, memang begitulah nan terjadi di pikiran penulis. Berhubung penulis sekarang tinggal di rumah kakek dan nenek sekaligus harus sekamar dengan paman nan membuat penulis jadi "gila". Bagimana tidak? Tiap saat penulis perhatikan, sang paman sibuk dengan Smartphone -nya sambil tertawa sendiri, bernyanyi-nyanyi tak jelas sambil direkam buat diperlihatkan kepada teman-temannya di Whatsup.

Selain itu, saat berbincang-bincang, nan dibicarakan ialah tentang teman-temannya di twitter. Penulis berpikir, sang paman sudah keterlaluan. Oleh sebab itulah, penulis mencari tahu lebih jauh tentang benda berbentuk kotak kecil dan tipis nan selalu dipencet-pencet si paman.

Setelah bertanya ke sana-sini, akhirnya baru sadar ternyata banyak orang jadi "gila" sebab benda berbentuk kotak kecil dan tipis itu. Saat menonton televisi, banyak iklan tentang benda itu dan aplikasi- pelaksanaan nan dibuat buat benda itu.



Tren Smartphone

Sebenarnya, penulis tak ada masalah dengan invansi gadget nan sekarang ini dapat dibilang terjangkau masyarakat seperti laptop, HP Smartphone atau Blackberry, ‘n Tablet ada di mana-mana. Hanya saja, tentu ada batasannya dalam menggunakannya. Hayati itu kan bukan di global maya , tetapi di global nyata.

Penasaran kan ingin tahu mereka-mereka itu melihat apa saja dan melakukan apa saja di Smartphone? Setelah dilihat-lihat dan diperhatikan, kebanyakan mereka asyik dengan sosial media dan game online . Jadi, selain tren gadget itu, nan tren banget sekarang ya sosial media dan game online . Yuk, kita kenal lebih dalam tentang dua hal itu.



Sosial Media di Smartphone

Sosial media nan sangat berperan aktif serta populer dalam perkembangan saat ini ialah facebook dan twitter. Kedua sosial media tersebut memiliki andil besar dalam berbagai aspek, mulai dari untuk posting status ‘n curcol tak jelas sampai masalah politik seperti kasus Jokowi beberapa waktu lalu, partai-partai besar sudah merasa di atas angin padahal masyarakat muda di sosial media mendukung Jokowi.

Tentunya, tak semuanya nan menggunakan sosial media ini buat sekadar have fun. Tapi, juga banyak dipakai buat tanya jawab agar orang-orang tambah pintar. Jadi, kita dapat membuat sekolah tanpa bayar lewat sosial media. Tentunya dapat juga buat mencari uang, membangun toko bahkan mall difasilitasi dengan diskusi/status di sosial media, dan tentunya masih banyak lagi, bergantung pada kreativitas masing-masing.



Game Online di Smartphone

G ame online itu merupakan game komputer nan bisa dimainkan oleh multipemain melalui internet. Biasanya, game online ini disediakan sebagai tambahan layanan dari perusahaan penyedia jasa online seperti warnet atau bisa diakses langsung (mengunjungi halaman web nan bersangkutan) atau melalui sistem nan disediakan dari perusahaan nan menyediakan permainan tersebut.

Sejarah Game Online

Game olnline pertama kali dimulai sejak 1969. Permainan game online hanya dibuat buat dua orang user nan terus dikembangkan dengan tujuan awal buat pendidikan atau edukasi. Kemudian pada awal 1970, dibuat sebuah sistem dengan kemampuan time-sharing nan disebut Plato. Plato ini diciptakan buat memudahkan siswa belajar secara online .

Dalam sistem tersebut, beberapa pengguna bisa mengakses komputer secara bersamaan menurut waktu nan diperlukan. Dua tahun kemudian, muncul Plato IV nan memiliki kemampuan grafik baru. Plato IV ini digunakan buat menciptakan permainan buat banyak pemain ( multiplayer games ).

Game online benar-benar mengalami perkembangan pesat setelah tahun 1995, restriksi NSFNET ( National Science Foundation Network ) dihapuskan, sehingga ada kebebasan akses ke domain lengkap dari internet. Kesuksesan keuangan menghampiri perusahaan-perusahaan nan meluncurkan game online ini, sehingga persaingan mulai tumbuh di global game online dan menjadikan game online ini semakin berkembang hingga hari ini.

Awal mulanya, pilihan game online nan ada di Indonesia ini termasuk sedikit. Dapat dimaklumi, sebab pada saat itu (sekitar tahun 2002), internet memang masih menjadi suatu pilihan nan langka sebab belum banyak orang mengenal dan mahal harganya. Karena buat menggunakan Telkomnet Instan saja, kita perlu merogoh kocek hingga berkisar Rp9.000,- buat tiap jamnya. Jadi, jika ingin memainkan game online , banyak nan memilih pergi ke warnet buat menekan pengeluaran.

Game Pertama

Pada saat itu, game online nan pertama kali nge-tren ialah Nexia Online dan Laghaim Online. Dapat dikatakan game tersebut saat itu tergolong sukses, sebab Laghaim dapat bertahan lama, yaitu sekitar tiga tahun. Kemudian pada Agustus 2003, Game online di Indonesia mulai semarak dan banyak nan mengenal dengan hadirnya PT Lyto nan mengembangkan game online 2D terbaik hingga saat ini, Ragnarok Online . Ragnarok Online dapat dikatakan menjadi game online pertama nan memiliki beribu-ribu pemain tiap harinya. Keramaiannya menjadi fenomenal, hingga seringkali dibahas dalam salah satu acara televisi di Indonesia.

Saat itulah, para penggila game nan lebih bahagia dipanggil “Gamer” mulai bermunculan. Warnet pun mulai berkembang dan dapat dijumpai di mana-mana hingga desa-desa kecil sekalipun. Di sisi lain, internet sendiri menuju ke fase nan lebih murah. Tak kalah dari nan lainnya, Boleh Game memunculkan juga GunBound. Game berbasis casual ini ternyata juga banyak diminati. Kemudian berlanjut muncul publisher baru seperti PlayOn dan Megaxus dengan Ayodance -nya.

Para publisher tetap berkembang dengan memunculkan game-game baru dari nan lucu sampai dapat dikatakan agak menegangkan. Sukses para publisher pionir ini terus menarik minat perusahaan nan lain buat menjadi publisher game online di Indonesia. Apalagi sekarang ini sudah didukung dengan tiket akses internet nan jauh lebih murah dan munculnya gadget-gadget seperti Smartphone sehingga membuat game online ini dapat dimainkan di mana saja.

Nah, sudah jelas, kan? Maaf ya jika klarifikasi trend masa kini ini malah lebih banyak di game online , sebab penulis kebetulan banyak tahu tentang itu setelah diceritakan panjang lebar langsung dari “orang nan suka main game online” atau biasanya disebut “Gamer”. Jadi, supaya kita tak terkena akibat negatif dari tren-tren itu, gunakanlah tren-tren itu buat hal-hal nan bermanfaat. Tidak hanya buat kita sendiri, tetapi juga buat masyarakat di sekitar atau bahkan masyarakat global sekalipun.